Langsung ke konten utama

Negeri Kecil dengan Rencana Besar

Negeri Kecil dengan Rencana Besar

Baustellen in der Wüste - bis 2030 will Katar das nachhaltigste Land der Welt sein.
Quelle: Marco Urban
via Henrik Böhme, DW Wirtschaft
Berkat minyak, Qatar adalah negara terkaya di dunia. Hingga 2030 negeri kecil ini juga ingin menjadi negeri yang paling terbarukan.
Butik desainer kondang, taman yang luas dan apartemen eksklusif yang hanya dapat dicapai dengan taksi air: Lusail, kota Qatar abad ke-21, di negeri padang pasir yang menawarkan kemewahan, masih berbentuk model miniatur dari perusahaan properti Qatari Diar. Namun, 10 ke depan, sekitar seperempat juta orang diharapkan bermukim di kota sebelah utara Doha yang saat ini masih merupakan padang pasir.
Kekayaan dari bumi
Manajer Qatari Diar, Khalid Al-Amin, mengatakan, "Kami mendukung visi pemerintah yang menginginkan perekonomian berkelanjutan dan mengembangkan masyarakat."
Sejak 20 tahun terakhir, berbagai perusahaan menambang minyak dari ladang gas burni yang terbesar di dunia, sekitar 80 kilometer di utara semenanjung. Di kawasan industri Ras Laffan, gas itu dicairkan dan dikapalkan. Bisnis ini membangun dasar finansial visi Qatar yang mencatat sekitar enam persen pertumbuhan ekonomi pada tahun 2012 dan peningkatan Produk Domestik Bruto tiga kali lipat sejak 2006. Dengan penghasilan sekitar 100.000 Dollar AS per orang, Qatar disebut sebagai negara terkaya di dunia. Kekayaan yang kini hendak digunakan sebagai landasan perekonomian pasca minyak dan gas bumi.
Efisiensi energi
1. urban20130408-01-13.jpg, 
Bild: Lusail-Modell im Schauraum der Immobilienfirma Qatari Diar, 
Titel: energieeffizient, umweltfreundlich und vom Reißbrett: Dohas neuer Stadtteil Lusail, 
Quelle: Marco Urban
#
ACHTUNG: Nur im Zusammenhang mit dem Artikel Katar - Kleines Land - große Pläne zu verwenden!!!
#
Model miniatur kota Lusail
Yang ditekankan dalam proyek kota Lusail terutama adalah efisiensi energi. Demikian Al-Amin. Gedung layanan masyarakat, kesehatan, sekolah dan olahraga direncanakan dapat dicapai oleh warga dalam waktu singkat. Dan untuk pengaturan suhu ruangan akan digunakan air dari Teluk Persia yang garamnya sudah dipisahkan. Ini menghemat hingga 30 persen energi fosil dan akan mengurangi emisi yang dikeluarkan mesin penyejuk ruangan konvensional. Stasiun metro juga akan dibangun, agar penggunaan mobil pribadi dapat dikurangi. Demikian Al-Malik.
Perusahaan Jerman
Pengawasan pembangunan dari proyek senilai 45 miliar Dollar ini dilaksanakan oleh Dorsch, kelompok konsultan dan perencanaan dari Offenbach, Jerman. PerusahaanHochtief ViCon dari Essen, Jerman, membantu dalam perencanaan dan pembangunan dengan mengembangkan model 3D yang khusus dibuat bagi proyek kota itu. Dengan alat tersebut akan diperhitungkan bagaimana mengurangi waktu, biaya dan risiko pembangunan. Kemudian, dengan data model akan disimulasi arus lalu lintas, penggunaan energi dan air di Lusail, sehingga proyek dapat dilaksanakan seoptimal mungkin.
Secara keseluruhan, pemerintah Qatar dan investor swasta mengeluarkan sekitar 200 miliar Dollar untuk berbagai proyek. Sejumlah besar di antaranya dikucurkan untuk Piala Dunia tahun 2022, termasuk pembangunan 60 stasiun metro di Doha dan sekitarnya, serta sembilan stadion baru dengan pendingin lapangan bertenaga surya.
Tak ada waktu untuk kritik
3. urban20130410-01-23
Bild: Al Sadd Stadion in Katar 
Titel: Rasenkühlung im Al Sadd Stadion in Katar - bis zur WM 2022 sollen alle Stadien solar gekühlt werden
Quelle: Marco Urban
#
ACHTUNG: Nur im Zusammenhang mit dem Artikel Katar - Kleines Land - große Pläne zu verwenden!!!
#
Mesin pendingin rumput di stadion Al Saad, Qatar
Kritik atas kondisi kerja yang buruk, yang misalnya dilontarkan oleh Organisasi Pekerja Internasional, tidak dipedulikan oleh pihak yang berkepentingan. Kebanyakan pekerja migran di Qatar berasal dari India, Nepal atau Bangladesh. Jadwal yang ketat dan ambisi yang sangat besar:
Selain itu, hingga tahun 2025, Qatar ingin mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri. "Kami merencanakan peternakan, industri produk susu dan pertanian," ujar Fahad Al-Attiya, Direktur National Food Security Programm Qatar. Hampir semua jenis sayuran dapat diproduksi dengan sistem seperti hidroponik. Gandum juga mungkin, karena sekarang terdapat jenis yang tahan panas, tambahnya. Mengingat kecilnya lahan pertanian dan pertenakan yang hendak dibuka di Qatar, maka konsep yang cocok bagi negeri ini adalah "vertical farming" , ungkap Al-Attiya.
Padang pasir hijau?
Der Wüstenstaat Katar will sich ab 2015 selbst mit Nahrungsmitteln versorgen. Wissenschaftler evaluieren dafür effizientere Methoden der Meerwasserentsalzung.
Quelle: Marco Urban
via Henrik Böhme, DW Wirtschaft Laboratorium di kampus "Education City" di Doha, Qatar
Energi yang dibutuhkan untuk mewujudkan proyek-proyek ini direncanakan berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Sejak tahun 2010 terjalin joint venture dengan perusahaan Solarworld dari Bonn, Jerman. Di Ras Laffan perusahaan Jerman ini memproduksi silicium yang diperlukan untuk pembuatan modul surya. BIla rencana itu berhasil, padang pasir bahkan bisa menjadi hijau, kata Al-Attiya yang melanjutkan bahwa hal ini penting tidak hanya bagi Qatar, tetapi juga bagi wilayah kering lainnya di dunia.
 sumber : DW

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BlackBerry Luncurkan Ponsel Z3 "Jakarta Edition"

BlackBerry Luncurkan Ponsel Z3 "Jakarta Edition" BlackBerry pasarkan smartphone murah Z3 dengan layar sentuh dan tombol-tombol keyboard yang khas. Ponsel baru itu dianggap upaya BlackBerry untuk menutup kerugian dan menangkan kembali konsumen, khususnya di Indonesia. Dengan kode nama Jakarta, ponsel baru BlackBerry Z3 diluncurkan ke pasaran mulai Selasa (13/05/14) di Indonesia . Negara di mana layanan pesan BBM milik BlackBerry sangat populer. Demikian dikatakan John Chen, yang baru diangkat menjadi manager utama tahun lalu. "Ini adalah telepon 3G , dan kami berencana akan memperluas pasaran telefon ini ke berbagai bagian Asia Tenggara setelah Indonesia," demikian dikatakan Chen pada pameran ponsel internasional, Mobile World Congress di Barcelona bulan Februari lalu. Z3 adalah ponsel pertama Blackberry yang diproduksi perusahaan Kanada tersebut bersama Foxconn, yang membuat gadget untuk Apple . Ini bisa dijadikan patokan, apakah str

10 Situs Web Hosting Luar Negeri Gratis

10 situs web hosting luar negeri gratis .  Jika anda seorang pemula dan ingin belajar membuat blog atau web, saya sarankan untuk menggunakan web hosting yang gratisan dulu. Sebenarnya di Indonesia juga ada web hosting gratisan seperti Idhostingerdotcom, namun kali ini saya mereferensikan web hosting gratis dari luar negeri. Kenapa yang gratisan? karena kita tahu orang Indonesia paling demen banget ama yang namanya gratis, hehehe... Jika anda membuat blog menggunakan Blogspot tentunya tidak memerlukan hostingan lagi karena hostingnya sudah disediakan gratis dan tanpa batas oleh blogspot. Nah jika membuat blog menggunakan Wordpress atau web 2.0 tentunya anda memerlukan sebuah hosting sebagai tempat penyimpanan data dari web atau blog Anda. Pada artikel kali ini Saya memberikan gambaran 10 site web hosting gratis yang menurut saya memberikan layanan terbaik dari segi fitur dan dukungan yang ditawarkan kepada pelanggan. Beberapa kriteria web hosting gratis yang baik adalah sebagai berikut:

Daftar Cydia Repo Source terbaik

Daftar Cydia Repo Source terbaik : Cara-Jailbreak - http://cydia.myrepospace.com/uMMauRban/ (Official Cara-Jailbreak) Hack Your iPhone - http://repo.hackyouriphone.org ( AppSync for iOS 6 ) iHacksRepo - http://ihacksrepo.com/ Insanelyi - http://repo.insanelyi.com/ SiNfuL iPhone - http://www.sinfuliphonerepo.com/ BigBoss & Planet iPhone - http://apt.bigboss.us.com/repofiles/cydia/ iClarified - http://cydia.iclarified.com/ Modmyi - http://apt.modmyi.com/ Intelliborn - http://intelliborn.com/cydiav/ iSpazio - ispaziorepo.com Telesphoreo - Index of / iAcces - http://www.iacces.com/apt/ VWallpapers - http://i.danstaface.net/deb/ BiteSMS (beta repo) - http://test-cydia.bitesms.com David Ashman (LockInfo) - http://david.ashman.com/apt/ iRom - http://iromrepo.com/Cydia/snes TouchMania - touchbite.net MyApple - http://cydia.myapple.pl/ ZodTTD - http://www.zodttd.com/repo/cydia/ yellowsn0w - http://apt9.yellowsn0w.com/ (unlock software) ultrasn0w - ultrasn0w.com (u